Artikel

Kamis, 10 Februari 2011

Prospek Jurusan NKPI

Meski kaya dengan kekayaan laut di sepanjang pesisir selatan, pemanfaatan laut baru mencapai 30 persen. Hasil perikanan tangkap tidak maksimal karena kendala teknologi dan minimnya prasarana infrastruktur. Akibatnya, kesejahteraan nelayan pun sulit naik,"
jurusan nautika kapal penangkapan ikan (NKPI) mencetak pelaut tangguh yang siap bekerja pada perusahaan-perusahaan penangkap ikan. "Hampir 95 persen lulusan kami bisa langsung kerja setelah lulus. Sisanya 5 persen melanjutkan sekolah dan berwiraswasta.
Sebagian besar kerja di luar negeri seperti Korea dan Jepang yang teknologi penangkapan ikannya sudah maju,Banyaknya lulusan yang bekerja di luar negeri karena penerapan teknologi penangkapan ikan di Indonesia masih minim.
Idealnya sekolah memang memiliki kapal bertenaga besar untuk kepentingan praktik. Namun, sampai sekarang hal itu belum terealisasi. Oleh karena itu, untuk praktik-praktik skala besar, banyak yang magang di perusahaan-perusahaan penangkap ikan di sejumlah kota seperti Bali, Pati, Pekalongan, dan Batang.
Dalam keseharian, SMK 1 Jeunieb menerapkan budaya pendidikan ala militer. Misalnya, tentang penggunaan seragam sampai model potongan rambut. Secara khusus sekolah tersebut memang bekerja sama dengan TNI Angkatan Laut, khususnya dalam bidang pembinaan kedisiplinan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar